Minggu, 27 Desember 2009

MEMORI [SisKom]

Senin,23 November 2009 Resume Pelajaran Siskom


TEKNOLOGI MEMORI

Secara sederhana memori diartikan sebagai sebuah tempat penyimpanan memori sementara yang bersifat volatile,yaitu ketika sumber daya hilang maka penyimpanan tidak dapat dilakukan.
Sebelum melakukan proses intruksi yang masuk,CPU akan menyimpan intruksi yang akan diproses tersebut di dalam sebuah tempat penyimpanan kecil yang bernama register,akan tetapi hal ini akan menimbulkan masalah apabila data yang akan diproses besar jumlahnya.Untuk mengatasi kesulitan dalam penyimpanan intruksi register CPU yang berukuran kecil,maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpanan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.

Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte.Pada umumnya 1 byte memori terdiri dari 8-32 bit (binary digit),atau banyaknya digit biner(0 atau 1) yang mampu disimpan di dalam satu kotak memori.

Random Access Memory (RAM)

RAM adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara yang dapat dibaca maupun ditulis oleh prosesor atu perangkat keras lainnya.Pada komputer saat ini,digunakan dua jenis dua jenis RAM,yaitu :

DRAM (Dynamic RAM)

  • RAM jenis ini menyimpan informasi dalam waktu yang singkat.
  • Kelebihan : harganya murah dan mengkonsumsi sedikit listrik.
  • Kekurangan : untuk mempertahankan memori yang disimpannya,secara periodik RAM ini melakukan refresh isinya sehingga menyebabkan penalti terhadap kecepatannya.
SRAM (Static RAM)
  • RAM jenis ini secara otomatis mempertahankan isinya selama ada listrik atau ada tenaga untuk mempertahankannya.
  • Kelebihan : tidak memerlukan tenaga refresh terhadap isinya dalam waktu yang cepat.
  • Kekurangan : harganya ,ahal dan mengkonsumsi tenaga listrik yang lebih besar.
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama,yaitu :
  • Input storage,digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
  • Program storage,digunakan untuk menyimpan semua intruksi - intruksi program yang akan diakses.
  • Working storage,digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  • Output storage,digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Read Only Memory (ROM)

ROM adlah sebuah tempat penyimpanan yang membuat instruksi atau data yang dapat dibaca akan tetapi tidak dapat ditulis.ROM hanya dapat dibaca sehingga pemograman tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM.

ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatanya berupa sistem operasi yang terdari dari program - program pokok yang diperlukan oleh sutu sistem komputer,salah satunya adalah bootsrap program.Bootsrap program diperlukan saat pertama kali sistem komputer diaktifkan,yang dapat berupa cold booting(proses pengaktifan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootsrap dari keadaan listrik komputer mati/off menjadi hidup/on) atau warm booting(proses pengulangan pengambilan program bootsrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol pada papan ketik sekaligus,yaitu Ctrl,Alt,Del).

Jenis ROM :

----- PROM (Programmable Read Only Memory),yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali.
  • EPROM (Erasable Progammable Read Only Memory),yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang - ulang.
  • EEPROM (Electrically Erasable Progammble Read Only Memory),yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

Metode Akses Memori

Ada dua jenis metode akses memori,yaitu :
  • Asynchronous,pada metode akses ini CPU diharuskan melakukan tindakan sesuai dengan penjadwalan yang telah ditentukan.
  • Synchronous,pada metode akses ini CPU diberikan kebebasan untuk melakukan transfer kapanpun CPU dibutuhkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar