Selasa, 01 Desember 2009

PERKEMBANGAN KOMPONEN PC

Perkembangan Hard Disk
Harddisk 2.0 TerraBytes Pertama di Dunia


Perkembangan Hard Disk Drive atau HDD dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut :
1. Kerapatan Data merupakan ukuran teknologi bahan yang akan digunakan untuk mengukur seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satuan persegi. Pada awalnya bahan yang digunakan untuk media penyimpan adalah Iron Oxide, tetapi sekarang banyak yang menggunakan media Thin Film sebagai media penyimpan, karena media ini lebih banyak menyimpan data dari pada Iron Oxide pada luasan yang sama dan sifatnya yang lebih awet.
2. Struktur Head Baca atau Tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Head akan memproses data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Teknologi Head yang paling kuno adalah Ferrite Head yang terbuat dari inti besi berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis. Teknologi ini diperkenalkan pada Hard Disk Seagate ST-251 dan biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas kurang dari 50 MB. Adapun penyempurnaan dari Ferrite Head adalah Metal-In-Gap (MIG), yang biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas 50 MB sampai 100 MB. Metal-In-Gap ini pun kembali dikembangkan menjadi Thin Film (TF) Heads yang dibuat dengan proses Photolothografi seperti yang digunakan dalam pembuatan Processor. Head jenis Thin Film biasa diimplementasikan pada Hard Disk ukuran 1 GB sampai dengan 30 GB. Kemudian peneliti dari Eropa yaitu Peter Gruenberg dan Albert Fert mengembangkan teknologi Head ini menjadi Giant Magnetoresistive (GMR) Heads yang kemudian biasa digunakan pada Hard Disk yang memiliki kapasitas berukuran besar seperti 75 GB yang memiliki kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 GBits/in2.
3. Kecepatan Putar Disk pada awalnya hanya sekitar 3600 RPM. Dengan semakin berkembangnya Hard Disk maka kecepatannya pun ditingkatkan menjadi 4500 RPM sampai 5400 RPM. Karena kebutuhan media penyimpan lebih tinggi maka kecepatan disk pun ditingkatkan menjadi 7200 RPM yang biasa digunakan pada Hard Disk SCSI (Small Computer Standart Interface).
4. Kapasitas Hard Disk saat ini memang sangat besar, hingga mencapai ratusan Giga Byte, hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik dan kerapatan data yang semakin tinggi. Teknologi Hard Disk dari perusahaan Western Digital saat ini telah mampu membuat Hard Disk berkapasitas 200 GB dengan kecepatan 7200 RPM, sedangkan Maxtor sudah berhasil membuat Hard Disk yang memiliki kapasitas 300 GB dengan kecepatan 5400 RPM dan dinamai dengan nama Maxtor Maxline-II
Hard Disk generasi baru atau modern pada jaman ini, memiliki kapasitas yang sangat besar, kapasitasnya bisa mencapai 200.000 kali lipat dibandingkan Hard Disk pertama, kapasitasnya pun bukan hanya mencapai Mega Bites lagi, tapi Giga Bites bahkan Terra Bites.


Contoh Brosur.........

MEMORY DDR II PC 5300 (CORSAIR 2GB PC 6400)


Penjelasan :

Rincian teknis :

* Product Description : Corsair XMS2 Xtreme Performance TwinX Matched - memory - 2 GB ( 2 x 1 GB ) - DIMM 240-pin - DDR2 Deskripsi Produk: Corsair XMS2 Xtreme Performance TwinX Matched - memori - 2 GB (2 x 1 GB) - DIMM 240-pin - DDR2
* Storage Capacity : 2 GB ( 2 x 1 GB ) Penyimpanan Kapasitas: 2 GB (2 x 1 GB)
* Upgrade Type : Generic Upgrade Type: Generic
* Technology : DDR2 SDRAM Technology: DDR2 SDRAM
* Form Factor : DIMM 240-pin Form Factor: DIMM 240-pin
* Memory Speed : 800 MHz ( PC2-6400 ) Memory Speed: 800 MHz (PC2-6400)
* Latency Timings : CL5 Latency timings: CL5
* Supply Voltage : 1.9 V Supply Voltage: 1.9 V
* Manufacturer Warranty : Limited lifetime warranty Produsen Garansi: garansi seumur hidup Terbatas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar